Minggu, 11 Maret 2012

Dua Desa Di Sambelia Nikmati Layanan Air Bersih

Sambelia, Gempar – Sebanyak 2 desa di Kecamatan Sambelia sudah dapat menikmati layanan air bersih yang diupayakan melalui PNPM Perdesaan. Kedua desa tersebut adalah Desa Obel – obel dan Desa Belanting. Untuk Desa Obel-obel dipusatkan di Dusun Lendang Madang, sedangkan Desa Belanting berada di Dusun Lepek Loang yang diperuntukkan bagi 3 dusun, yaitu Dusun Belanting, Dusun Lepek Loang, dan Dusun Batu Sela.

Bentuk kegiatan fisik yang dilaksanakan di kedua desa tersebut berupa pemasangan jaringan pipa HDPE sepanjang 7,2 km yang menghabiskan dana sekitar Rp. 321.952.800 untuk Desa Obel – obel dan Rp. 341.938.000 di Desa Belanting. Jaringan pipa tersebut di kerjakan selama lebih kurang 3 bulan yang membentang dari sumber mata air yang ada menuju pemukiman setempat.

Sebelumnya warga setempat telah membentuk PAMDes yang difasilitasi oleh FK/FT setempat, yang bertugas untuk melaksanakan pendistribusian ke masing – masing rumah. Melalui PAMDes tersebut diharapkan sistem distribusi dan pemeliharaan jaringan lebih terjamin, demikian dikatakan Kurniawan Fasilitator Teknis Kec. Sambelia.

Hingga saat ini jumlah warga yang telah terdaftar di PAMDes mencapai 90%. Untuk masing – masing rumah tangga dikenakan tarif Rp. 200.000 yang digunakan untuk penggantian biaya pemasangan meter air.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

halo temene2 PNPM semuanya Mari membangun desa agar lebih maju

Anonim mengatakan...

halo teman2 PNPM mari membangun desa agar lebih maju...

Arsip