Jumat, 30 Agustus 2013

PNPM-MPd MEMBERIKU HARAPAN BARU


Ditulis Oleh : Baiq Ekayuliana
Fasilitator PNPM-MPdKabupaten Lombok Timur

PNPM-MP di kabupaten Lombok Timur di mulai padaTahun 2007 diawali dengan 7 kecamatan yang berpartisipasi. Sampai tahun 2011 ini sudah ada 9 kecamatan yang berpartisipasi yaitu Kecamatan Keruak, Sakra Barat, Jerowaru, Montong Gading, Sukamulia, Suralaga, Pringgabaya, Suela dan Sambelia. 

Selama periode 2007 s/d.2011 Unit Pengelola Kegiatan (UPK) ini telah mengelola dana program yang diterima dalam bentuk Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dan disalurkan langsung kepada masyarakat. 

Salah Satu Kecamatan di kabupaten Lombok Timur yaitu Kecamatan Montong Gading pada tahun 2011 menyelenggarakan Pelatihan Otomotif yang diikuti oleh 3 Desa yaitu Desa Perian yang diikuti oleh 60 orang peserta, Desa pesanggarahan diikuti oleh 40 orang peserta dan Desa Montong Betok diikuti oleh 60 orang peserta.  

Peserta pelatihan ini berasal dari pemuda-pemuda pengangguran dan pemuda-pemuda yang putus sekolah. Adapun dana yang dikeluarkan untuk pelatihan tersebut sebagai Berikut : 

· Desa Montong Betok : Rp.149.940.000,- (Biaya Kegiatan : Rp.142.443.000, 
  Biaya Operasional TPK : Rp.4.498.200,- dan Biaya Operasional UPK Rp.2.998.800,-) 

· Desa perian : Rp.149.940.000,-Biaya Kegiatan : Rp.142.443.000 , Biaya Operasional 
  TPK : Rp.4.498.200,- dan Biaya Operasional UPK Rp.2.998.800,-) 

· Desa pesanggarah : Rp.119.952.000 (Biayakegiatan : Rp.113.954.400 Biaya Operasional 
  TPK : Rp.3.598.550 dan Biaya Operasional UPK : Rp. 2.399.050)

Peserta pelatihan di latih dari Lembaga “Molen Training center”Pancor Lombok Timur.       

Dari hasil pelatihan ini sekarang ini sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh peserta pelatihan untuk meningkatkan pendapatan perekonomian keluarga mereka. Sebelum pelatihan ini diusulkan ke PNPM-MP pemuda-pemuda ini bekerja serabutan dan dengan penghasilan yang tidak jelas. Sekarang ini rata-rata peserta yang tergabung dalam kelompok binaan PNPM-MP ini sudah bisa mendapatkan penghasilan minimal Rp.50.000,- per hari.

Ada sekitar 5 kelompok binaan yang berasal dari Desa perian sekarang ini sudah mengembangkan usaha perbengkelan mereka, 7 orang dari peserta pelatihan sudah di kontrak oleh perbengkelan yang resmi di Mataram. 4 orang peserta sudah direkrut oleh “lembagan olen” sebagai pekerja tetap.

Disamping Program magang di beberapa perbengkelan resmi, peserta pelatihan yang sudah membuka bengkel bersama kelompok binaan PNPM-MP juga menjalain kerjasama dengan lembaga Nolen dengan memberikan bantuan bahan dan peralatan perbengkelan dengan kesepakatan Usaha yang jelas.

Disamping pembinaan untuk keahlian perbengkelan, sekarang ini Fasilitator bersama TPK juga sedang merancang untuk pelatihan penguatan kelompok, adminitrasi dan penguatan untuk menjalin kerjasama dengan pihak perbankan.

PNPM-MP bisa memberikan kontribusi untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Harapan baru telah tercipta dengan adanya PNPM-MP. Senyum-senyum ceria pemuda-pemuda ini bisa memberikan harapan untuk hidup yang lebih baik. Semoga!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mohon diveluasi pengawas lapangan untuk progran PNPM MP di Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa tenggara Barat atas nama Burhanudin, ada beberapa kesalahan patal yang dilakukannya
1. Tidak Menjalankan Tugas sebagai pengawas Lapangan Selayaknya.
2. Meminta Kepada Seluruh Tim Pelaksana Kegiatan ( TPK) Untuk mmenyerahkan persoalan Administrasi kepadanya.
3. Untuk Program pelatihan TataBoga, Dia Memaksa TPK untuk menggunakan Istrinya sebagai Tutor, padahal istrinya tidak punya kompetensi tentang itu.
4. Meminta Kepada TPK dalam melaksanakan Kegiatan Pelatihan Menagement Kewirausahann, untuk mempres waktunya menjadi 4 HAri dari 6 Hari yang di RAB, dan pelaksanaannya Cukup dari jam 9 sampai 12. wita padahal di RAB dari jam 08.00-15.00 wita, sehingga anggran Snaack dan sisa dua hari yg tidak digunakan bisa diminta sendiri.

atas pola yang dilakukan ini, Pasilitator Kecvamatan atas nama Turmuji tidak tau kelkuan rekannya atau pura-pura tidak tau, sehingga tidak satupun pekerjaan yang outputnya bagus dari pelaksanaan PNPM di kecamatan Suralaga, bisa di investigasi sendir ke seluruh TPK bila saudara tidak percaya.

Terimakasih atas disediakannya media keluhanm ini semoga bisa ditindak lanjuti dengan segara.

wasalam.

tdd. Munahar, Tokoh Pemuda Desa Suralaga

Arsip